Keanekaragaman Jenis Odonata sebagai Bioindikator Pencemaran Air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Harau Kab Tanah Datar Sumatera Barat

Berliani, Nela (2023) Keanekaragaman Jenis Odonata sebagai Bioindikator Pencemaran Air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Harau Kab Tanah Datar Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NELA_BERLIANI_19032082_1382_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sungai Batang Harau terletak di Nagari Paninjau, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Sungai ini digunakan masyarakat setempat sebagai sumber air untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti irigasi sawah, kegiatan rumah tangga, dan pembuangan limbah rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbandingan keragaman spesies capung, sebagai bioindikator pencemaran di beberapa jenis habitat (alami, sawah dan pemukiman). Pengamatan dilakukan dengan menjelajahi dan berjalan di sepanjang sungai pada pagi hari (pada pukul 9 hingga 12 pagi) dan sore (pada pukul 3 hingga 5 sore). Metode Visual Encounter Survey (VES) dimodifikasi dengan menggunakan plot 20m x 10m, dan semua capung yang ditemukan di daerah ini dikumpulkan dengan menggunakan jaring serangga. Data yang diperoleh dianalisis dengan indeks keragaman Shannon-Wienner, indeks kekayaan spesies Margalef, dan indeks dominasi Simpson. Sebanyak 280 individu, 12 spesies dari 7 famili odonata dikumpulkan dari penelitian ini. Jumlah tertinggi spesies Odonata ditemukan di wilayah alami, diikuti oleh sawah dan pemukiman. Kondisi lingkungan mempengaruhi keragaman Odonata. Odonata dapat digunakan sebagai bioindikator lingkungan air, terutama di subordo Zygoptera yang secara dominan ditemukan di habitat alami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorKardiman, RekiUNSPECIFIED
CorrectorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 09:01
Last Modified: 02 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51692

Actions (login required)

View Item View Item