Penerapan Metode Pembelajaran Treffinger untuk Menigkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Kapur IX

Tika, Wisi Yulian (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Treffinger untuk Menigkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Kapur IX. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WISI_YULIAN_TIKA_19045110_676_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah geografi setelah menerapkan metode pembelajaran Treffinger pada siswa kelas X di SMAN 1 Kapur IX. Metode Treffinger merupakan metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kemampuan memecahkan masalah merupakan suatu proses mengidentifikasi masalah, mempertimbangkan dan membuat pilihan dalam suatu informasi ketika solusi atau jawaban tidak ditemukan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini ialah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Metode eksperimen dikenal memilikki dua kelompok perbandingan, yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan suatu perlakuan, sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberikan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan sampel terdiri dari 33 siswa di kelas ekperimen dan 33 siswa di kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan menggukan soal pilihan ganda dan sola essay. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Treffinger menunjukkan bahwa nilai pre-test dengan soal pilihan ganda mimiliki rata-rata sebesar 56,82 untuk soal essay memiliki rata-rata sebesar 58,1, hasil post test dengan soal pilihan ganda mimiliki rata-rata sebesar 86,42 untuk soal essay sebesar 84,0. Diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah geografi siswa setelah diterapkannya metode Treffinger pada siswa kelas X di SMAN 1 Kapur IX, dimana pada soal pilhan ganda meningkat sebesar 29,6 atau seber 65%, sedangkan untuk soal essay miningkat sebesar 25,9 atau sebesar 69%. Dilihat dari hasil analisis uji-T soal pilihan ganda maupun soal essay diperoleh Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak aritinya penerapan metode Treffinger dapat meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kapur IX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, TREFFINGER, PEMECAHAN MASALAH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:20
Last Modified: 30 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51642

Actions (login required)

View Item View Item