Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Canva Terhadap Keterampilan Bercerita Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi

Sujana, Mutiara (2024) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Canva Terhadap Keterampilan Bercerita Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MUTIARA_SUJANA_19022099_2702.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan anak dalam. bercerita. Hal tersebut dilihat dari anak yang mengalami kesulitan dalam mengulangi isi cerita dengan singkat yang telah diceritakan oleh guru dan anak malu-malu maju kedapan untuk mengulangi cerita, bahkan tidak jarang anak malu mengeluarkan suaranya saat ditanya tokoh yang ada dalam cerita tersebut. Anak lebih senang mengamati hal disekitar hasilnya pada saat setelah guru selesai memberikan cerita dan guru memberikan evaluasi dan meminta anak untuk mengulangi cerita kembali anak justru bingung dan tidak mengetahui isi cerita yang telah gurunya berikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media canva terhadap keterampilan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy exsperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik taman kanak-kanak aisyiyah 1 bukittinggi, dengan jumlah peserta didik 170 anak, sampel pada penelitian ini adalah 24 anak, 12 anak B11 dan 12 anak B12. Teknik pengumpulan data berupa observasi terstruktur. Pengambilan sampel dan data pada penelitian ini adalah Cluster Sampling (area sampling). Hasil post-test dari penelitian ini menunjukan bahwa pada kelas eksperimen bercerita dengan media canva diperoleh nilai rata-rata sebesar 14.83 sedangkan pada kelas kontrol bercerita mengguakan boneka jari 12.75. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05 dapat dikategorikan bahwa bercerita dengan media canva terhadap keterampilan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi memiliki pengaruh yang tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, SerliUNSPECIFIED
CorrectorHazizah, HazizahUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita Media Canva Keterampilan Bercerita Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:19
Last Modified: 30 Apr 2024 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51632

Actions (login required)

View Item View Item