Analisis Spasial Penyerangan Hama Tikus Sawah (Rattus argentiventer) pada Tanaman Padi Sawah di Nagari Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.

Afifa, Nurma (2024) Analisis Spasial Penyerangan Hama Tikus Sawah (Rattus argentiventer) pada Tanaman Padi Sawah di Nagari Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NURMA_AFIFA_19136089_1172_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kawasan persawahan Nagari Timbulun, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung dengan tujuan: (1) mengetahui sebaran titik kerusakan tanaman oleh hama tikus sawah, (2) mengetahui wilayah jelajah hama tikus sawah, dan (3) menjelaskan hubungan lanskap ekologi sawah terhadap bahaya hama tikus. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang disajikan dalam bentuk penjelasan dari tabel dan peta. Adapun sumber data dari penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh serta dikumpulkan sendiri oleh peneliti secara langsung dilapangan dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari jurnal dan instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persebaran kerusakan tanaman padi oleh hama tikus berjumlah 188 titik. (2) Wilayah jelajah tikus sawah di Nagari Timbulun memiliki luas 221,76 ha dengan persentase cakupan wilayah meliputi 0,18% kawasan hutan, 76,24% perkebunan/kebun, 2,32% permukiman, 19,51% sawah, 0,58% semak belukar dan 1,16% tegalan/ladang. (3) Lanskap ekologi sawah yang paling mempengaruhi tingkat bahaya hama tikus terletak pada sawah dengan klasifikasi pematang tinggi ditemukan 30 titik kerusakan pada 76 petak sawah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrarikeslan, WidyaUNSPECIFIED
CorrectorWilis, RatnaUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS SPASIAL, WILAYAH JELAJAH, LANSKAP EKOLOGI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:15
Last Modified: 26 Apr 2024 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51525

Actions (login required)

View Item View Item