Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Padang- Sicincin terhadap Nilai Tanah Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Fajria, Nur Aini Isti (2024) Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Padang- Sicincin terhadap Nilai Tanah Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NUR_AINI_ISTI_FAJRIA_19136086_1683_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan tol Padang-Sicincin berada pada seksi 1 memiliki panjang 36,6 Km dilengkapi dengan 2 gerbang tol, 2 rest area, 16 jembatan, 2 jembatan penyeberangan (overpass) dengan kecepatan 80 km/jam, penelitian ini berfokus di Nagari Kasang. Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai memiliki luas wilayah sebesar 26,85 Km² dan terdiri dari 10 korong yang ada di Nagari Kasang. Nagari Kasang memiliki berbagai bentuk pemanfaatan penggunaan lahan, seperti permukiman, perkebunan, sawah, industri, dan lainnya. Dengan seiring berjalannya waktu penggunaan lahan akan mengalami perubahan seiring dengan pembangunan infrastruktur yang bertambah. Pembangunan infrastruktur mengakibatkan perubahan nilai tanah seiring dengan mengikuti pembaruan tanah yang ada pada wilayah tersebut. Adanya jalan tol Padang-Sicincin yang dimulai pada tahun 2018 yang dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero) diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan penggunaan lahan dan perubahan zona nilai tanah pada tahun 2017 dan tahun 2022. Metode pada penelitian ini menggunakan metode overlay yang merupakan salah satu metode dari SIG. Penelitian ini menggunakan citra resolusi tinggi tahun 2017 dan tahun 2022 untuk pembuatan peta penggunaan lahan tahun 2017 dan tahun 2022 yang nanti di overlay dan menghasilkan peta perubahan penggunaan lahan. Sedangkan analisis nilai tanah menggunakan peta zona nilai tanah tahun 2017 yang didapatkan dari BPN Padang Pariaman dan zonasi awal tahun 2022 untuk memudahkan pengambilan data dilapangan dan menghasilkan peta zona nilai tanah tahun 2022. Selanjutnya data zona nilai tanah tahun 2017 dan tahun 2022 di overlay yang menghasilkan perubahan zona nilai tanah pada Nagari Kasang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya perubahan penggunaan lahan pada tahun 2017-2022 kenaikan tertinggi terdapat pada ladang sebesar 18,88% dan kenaikan terendah terdapat pada pariwista sebesar 0,27%. Sedangkan penurunan penggunaan lahan tertinggi yaitu hutan sebesar 19,39% dan penurunan penggunaan lahan terendah yaitu semak sebesar 10,58%. Perubahan nilai tanah pada tahun 2017-2022 menunjukkan bahwa kenaikan pada zona 6 tahun 2017 menjadi zona 13 pada tahun 2022 sebesar Rp. 854.000. Sedangkan perubahan nilai tanah terendah terdapat pada zona 1 tahun 2017 dan 2022 sebesar Rp. 38.000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
CorrectorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorSyarief, AzhariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBANGUNAN JALAN TOL PADANG-SICINCIN, NILAI TANAH, SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:14
Last Modified: 26 Apr 2024 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51523

Actions (login required)

View Item View Item