Trisnald, Yovi
(2024)
Pembuatan Direktori Video Pembelajaran Dari Youtube
Bersubjek Matematika Kelas VI di Perpustakaan SD Negeri 14 Belanti
Barat.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Proses
pembuatan direktori video pembelajaran dari youtube bersubjek matematika kelas
VI di SD Negeri 14 Belanti Barat; (2) hasil validasi dan uji coba produk direktori
video pembelajaran dari youtube bersubjek matematika kelas VI di SD Negeri 14
Belanti Barat. Metode penulisan yang digunakan dalam makalah tugas akhir ini
adalah metode deskriptif dengan melakukan observasi lansung dan wawancara
kepada narasumber. Hasil dari penulisan makalah tugas akhir pembuatan direktori
video pembelajaran dari youtube bersubjek matematika di perpustakaan SD
Negeri 14 Belanti Barat melalui beberapa tahap berupa mengumpulkan data
materi matematika kelas VI dengan cara wawancara kepada guru kelas VI,
penyeleksian data sebagai konsep menyajikan data secara akurat, penyusunan data
sebagai bentuk pengurutan data yang dilakukan secara berurutan agar mudah
ditemukan oleh pengguna, editing direktori sebagai proses mendesain dan
membuat prosduk menjadi menarik dengan menggunakan aplikasi canva yang
dimulai dari membuat cover, kata pengantar, daftar isi, dan isi direktori dengan
unsur (a) nama channel, (b) judul video, (c) tanggal upload, (d) jumlah suscribe,
(e) jumlah like, (f) jumlah penayangan, (g) link youtube, (h) barcode scanner.
Pemanfaatan, bentuk pemanfaatan direktori sebagai alat penelusuran informasi
mengenai video pembelajaran matematika kelas VI. Hasil uji coba produk
direktori adalah pemilihan cover pada produk harus sesuai, warna dan tulisan
pada cover harus sesuai, penggunaan bahasa pada produk mudah dipahami, tulisan
pada produk sudah rapi, informasi yang terkandung mudah dipahami, chanel
youtube harus bisa ditelusuri. Dari hasil uji coba, produk layak disebarluaskan
karena mendapatkan hasil 92% yang memberikan jawaban “iya” dan 8% yang
memberikan jawaban “tidak
Actions (login required)
|
View Item |