Qotrunada, Annisa
(2023)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Pembuatan Nata de Leri Berbasis Proyek
Pemanfaatan Air Beras untuk SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik yaitu inovasi
teknologi biologi. Materi ini berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari
sehingga perlu adanya sebuah praktikum yang dapat meningkatkan pemahaman
peserta didik terhadap materi tersebut. Praktikum inovasi teknologi biologi sudah
pernah dilakukan oleh peserta didik namun guru belum pernah memanfaatkan air
cucian beras dalam praktikum bioteknologi. Belum adanya bahan ajar praktikum
juga membuat peserta didik kesulitan dalam melaksanakan kegiatan praktikum
secara mandiri. Oleh sebab itu, dikembangkanlah lembar kerja peserta didik
pembuatan nata de leri berbasis proyek pemanfaatan air beras untuk SMA yang
valid dan bisa dibaca dengan baik.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yaitu define,
design, develop dan disseminate yang dibatasi sampai pada tahap develop karena
keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen biologi
FMIPA UNP, satu orang guru biologi, dan 31 peserta didik fase E SMA Adabiah 2
Padang. Objek penelitian adalah lembar kerja peserta didik pembuatan nata de leri
berbasis proyek pemanfaatan air beras untuk SMA. Instrumen yang digunakan
berupa lembar wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket uji validitas,
dan uji keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan
kuantitatif jenis statistik deskriptif.
Penelitian yang dilakukan menghasilkan lembar kerja peserta didik
pembuatan nata de leri berbasis proyek pemanfaatan air beras yang dikategorikan
sangat valid dengan nilai rata-rata 94,69%. Produk dinilai sangat baik oleh guru
biologi fase E dengan nilai rata-rata 92,02% dan dinilai sangat baik oleh peserta
didik dengan rata-rata 87,17%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut
dihasilkan lembar kerja peserta didik pembuatan nata de leri berbasis proyek
pemanfaatan air beras yang valid dan bisa dibaca dengan baik.
Actions (login required)
|
View Item |