Anisa, Armi
(2024)
Pengaruh Usefulness dan Ease Of UseTerhadap Online Booking Hotel Intention di Platform Agoda.
Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terkait online booking hotel intention pada platform Agoda. Dimana perkembangan tingkat kunjungan tamu mengalami penurunan yang cukup signifikan, tingkat kunjungan tamu yang check in menggunakan platform Agoda cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan online travel agent lainyna, hal ini dipengaruhi karena kurang usefulness dan Ease of use nya dari website Agoda. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh usefulness dan ease of use terhadap online booking hotel intention di platform Agoda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 130 responden berdasarkan dari rumus hair. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 27. 00.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel independen usefulness (X1) dan ease of use (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu online booking hotel intention. berdasarkan hasil uji-t, untuk variabel usefulness (X1) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh signifikan usefulness terhadap online booking hotel intention. Sedangkan untuk hasil uji-t variabel ease of use (X2) dengan tingkat signifikasn 0,000 < 0,05. Artinya ada pengaruh signifikan ease of use terhadap online booking hotel intention. Berdasarkan uji-f dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 artinya secara simultan usefulness (X1) dan ease of use (X2) berpengaruh signifikan terhadap online booking hotel intention. Variabel usefulness (X1) dan ease of use(X2) mempengaruhi variabel online booking hotel intention (Y) sebesar 24,7% sedangkan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |