Syafitri, Intan Rahmayuni
(2023)
Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis mengenai
masih rendahnya kompetensi profesional guruSMP Negeri di Kecamatan Padang
Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi tentang
(1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional
guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat, (2) Pengaruh komitmen guru
terhadap kompetensi profesional guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat,
dan (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen guru terhadap
kompetensi profesional guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pegawai Negeri Sipil
yang mengajar di SMP Negeri Kecamatan Padang Barat yang berjumlah 124
orang guru. Alasan peneliti mengambil guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil
(PNS) sebagai populasi adalah karena guru PNS mempunyai pengalaman
mengajar dan masa kerja yang melebihi dari guru honorer.
Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Cochran dengan tingkat
kesalahan 10% dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling
diperoleh 63 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
dengan skala Liker yang memiliki 5 alternatif jawaban. Sebelum angket tersebut
digunakan sudah dilakukan uji coba. Hasil uji validitas didapatkan 4 butir item
yang gugur, yaitu pada variabel Y ada dua butir yaitu butir nomor 26 (0,414) dan
butir nomor 42 (0,382), dan pada variabel X2 butir yang gugur adalah butir nomor
20 (0,386) dan butir nomor 37 (0,083). Untuk uji reliabilitas variabel Y yang
mana hasil menunjukkan 0,978 dan variabel X1 sebesar 0,977 serta variabel X2
sebesar 0,980 yang mana keseluruhan hasil menunjukkan lebih besar dari rtabel =
0.444 maka ketiga variabel dikatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS
versi 24.
Hasil analisis deskriptif kompetensi profesional guru sebesar 80,66%,
supervisi akademik kepala sekolah sebesar 80,79%, dan komitmen guru sebesar
80%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara
supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru sebesar
58%, terdapat pengaruh signifikan komitmen guru terhadap kompetensi
profesional guru sebesar 35,4%, terdapat pengaruh signifikan antara supervisi
akademik kepala sekolah dan komitmen gurusecara bersama-sama terhadap
kompetensi profesional guru sebesar 62,8%.
Actions (login required)
|
View Item |