Karmila, Karmila
(2023)
Pengaruh Model Problem Based Learning tehadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya sebelum dan setelah menggunakan model problem based learning. Kemudian menentukan pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen semu yang menggunakan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya tahun peajaran 2022/2023 yang berjumlah 102 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel-variabel dalam penelitian ini, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan setelah menggunakan model problem based learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksposisi. Selanjutnya skor dianalisis dengan Liliefors serta dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t.
Berdasarkan hasil One Group Pretest Posttest dan uji hipotesis diperoleh bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model problem based learning. Keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan model problem based learning berada pada klasifikasi Baik dengan rata-rata nilai 81,85. Jika dibandingkan dengan nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya sebelum menggunakan model problem based learning lebih rendah dan berada pada klasifikasi Cuku dengan nilai rata-rata 64,26. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (n-1) karena thitung > ttabel (4,94>1,69). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya
Actions (login required)
|
View Item |