Bakhri, Adib Fadhil
(2023)
Tinjauan Kemampuan Motorik Dasar Siswa
Kelas IV SD Negeri 07 Mancung Kec. Baso
Nagari Padang Tarab Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini untuk melihat kemampuan motorik (motor ability) dimana
kemampuan motorik (motor ability) memegang peranan yang sangat penting dalam setiap
kegiatan manusia. Dengan kemampuan motorik seseorang dapat melakukan semua
kegiatan dengan baik. Melalui pendidikan jasmani peserta didik mempunyai kesempatan
untuk terlibat secara langsung dalam berbagai pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa Kelas IV SD Negeri 07
Mancung Kecamatan Baso.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dimana penelitian deskriptif adalah
salah satu jenis penelitian yang bertujuan mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan
akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi tertentu atau mencoba menggambarkan
fenomena secara detail, sedangkan kuantitatif ialah pengumpulan data menggunakan
angka. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 07 Mancung
Kecamatan Baso dengan jumlah siswa sebanyak 45 siswa. Sampel yang akan digunakan
peneliti adalah siswa putra kelas IV (empat) dengan jumlah 20 orang. Instrument
penelitian menggunakan tes kemampuan motorik dasar yaitu, duduk raih (sit and reach),
berdiri dengan satu kaki, menolak /melempar bola, lempar tangkap bola, memukul bola
yang dijatuhkan, menendang bola yang digelindingkan, tiarap berdiri, lari zig-zag, lompat
jauh tanpa awalan, baring duduk (sit up) dan lari multitahap (bleep test).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa kelas IV SD
07 Mancung Padang Tarab Kecamatan Baso mempunyai kemampuan motorik dengan
kategori sedang dengan nilai tertinggi 71, terendah 52, rata-rata 63,8. Mengingat begitu
pentingnya kemampuan motorik bagi perkembangan siswa, maka kemampuan motorik
siswa kelas IV SD 07 Mancung Padang Tarab Kecamatan Baso perlu ditingkatkan lagi.
Kesimpulan dari penenelitian ini ialah hendaknya guru memberikan materi pembelajaran
yang berorientasi pada permainan yang disesuaikan dengan sifat masa pertumbuhan dan
perkembangan anak, khususnya pada anak usia sekolah dasar, yaitu keterampilan
bermain dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sekitar untuk meningkatkan
kemampuan motoriknya
Actions (login required)
|
View Item |