Ismail, Rafki Nasuha
(2023)
Sistem Pembelajaran Digital Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengintegrasikan karakteristik Realistic Mathematics Education (RME) dalam sistem pembelajaran digital untuk memenuhi keterampilan abad 21 yang dibutuhkan di era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan sistem pembelajaran digital berbasis RME (SPD-RME) yang valid, praktis dan efektif guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Metode design research menggabungkan model pengembangan Plomp dan Gravemeijer and Cobb dengan tahap menurut Plomp (1) fase preliminary research; (2) fase pengembangan atau prototipe dengan serangkaian evaluasi formatif berupa self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group; dan (3) fase asesmen berupa field test. Tahap menurut Gravemeijer & Cobb berupa (1) fase persiapan percobaan; (2) fase uji coba desain di kelas; dan (3) fase analisis retrospektif. Desain sistem SPD- RME digunakan saat pengembangan produk didukung dengan hypothetical learning trjectory (HLT), buku panduan digital guru (BPDG), dan buku digital kerja siswa (BDKS) terintegrasi karakteristik RME. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8, 25, dan 26 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, wawancara, observasi, penyebaran angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan sistem SPD-RME telah memenuhi kritera validitas, praktikalitas dan efektivitas. Dari segi aspek validitas sistem SPD-RME memenuhi karakteristik dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, yakni siswa membutuhkan sistem pembelajaran digital dengan LMS Santiang didukung oleh E-BDKS dan E-BPDG dalam mempelajari topik SPLDV. Dari segi aspek praktis sistem SPD-RME memenuhi karakteristik ditunjukkan dengan semua level sekolah dapat melakukan aktivitas pembelajaran dengan LMS Santiang, dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa memahami materi SPLDV, bahasa yang digunakan mudah dipahami. Sistem pembelajaran memudahkan guru dalam menerapkan langkah-langkah kegiatan yang ada dalam E-BPDG sesuai dengan waktu yang ditetapkan serta dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai pengganti atau variasi dalam pembelajaran matematika. Dari segi efektif dengan karakteristik dihasilkan berdampak terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Ini berarti bahwa SPD-RME yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: |
Thesis
(Doctoral)
|
Contributors: |
Contribution | Contributors | Email |
---|
Thesis advisor | Fauzan, Ahmad | UNSPECIFIED | Corrector | yerizon, Yerizon | UNSPECIFIED | Corrector | Ganefri, Ganefri | UNSPECIFIED | Corrector | Rozimela, Yenni | UNSPECIFIED | Corrector | Dewata, Indang | UNSPECIFIED | Corrector | Darmansyah, Darmansyah | UNSPECIFIED |
|
Uncontrolled Keywords: |
PEMBELAJARAN DIGITAL, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION |
Subjects: |
L Education > L Education (General) |
Divisions: |
Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: |
Fitri Yelli
|
Date Deposited: |
01 Mar 2024 04:01 |
Last Modified: |
01 Mar 2024 04:01 |
URI: |
http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50597 |
Actions (login required)
|
View Item |