Rifqa, Halya
(2023)
Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik
pada Siswa.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena yang sedang marak terjadi pada siswa
sekolah yaitu prokrastinasi akademik. Kebiasaan menunda tugas yang dilakukan
siswa ini tidak bisa dikendalikan oleh siswa, sehingga membuat siswa melakukan
sesuatu yang tidak dapat diimbangi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa
SMP IT Adzkia Padang ada yang menunjukkan tindakan prokrastinasi akademik.
Usaha siswa untuk dapat mengimbangi kebiasaan menunda tugas pada siswa ini
agar dapat menjalankan kegiatan akademik yang seharusnya disebut kontrol diri.
Siswa yang memiliki kontrol diri yang rendah cenderung melakukan tindakan
prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeksripsikan
kontrol diri pada siswa SMP, (2) mendeksripsikan perilaku prokrastinasi
akademik pada siswa SMP, (3) menguji hubungan antara kontrol diri dengan
prokrastinasi akademik pada siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
deksriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu 348 siswa SMP IT
Adzkia Padang, sampel pada penelitian ini yaitu 188 siswa dipilih menggunakan
teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket
kontrol diri dan prokrastinasi akademik dengan model skala likert. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif dan analisis korelasional
pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kontrol diri siswa SMP IT Adzkia
Padang tergolong pada kategori rendah, sedangkan untuk prokrastinasi akademik
siswa SMP IT Adzkia Padang berada pada kategori sedang serta adanya
hubungan signifikan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik
dengan nilai r hitung sebesar -0,618 dengan tingkat hubungan kuat dan taraf
signifikan 0,000. Artinya semakin tinggi kontrol diri siswa maka semakin rendah
prokrastinasi akademik siswa, dan sebaliknya semakin rendah kontrol diri siswa
maka semakin tinggi prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian
layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan yaitu layanan informasi.
Actions (login required)
|
View Item |