Lubis, Sofya Murti
(2023)
MTs Tarbiyah Islamiyah/Perti (19542022)
dan MTs Muhammadiyah (1970-2022) : Studi
Komparasi Sekolah Agama Tingkat SLTP di Paraman
Ampalu Kabupaten Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Studi Komparasi MTs Tarbiyah
Islamiyah/Perti Paraman Ampalu (1954-2022) dan MTs Muhammadiyah Paraman
Ampalu (1970-2022). Bagaimanakah komparasi antara MTs Tarbiyah Islamiyah
dan MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu dilihat dari Ideologi Pendidikannya,
kurikulumnya, keadaan siwa dan gurunya, sarana dan prasarananya, persepsi dan
pengaruh kedua sekolah agama ini di masyarakat Paraman Ampalu. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana komparasi antara MTs
Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu (1954-2022) dan MTs Muhammadiyah
Paraman Ampalu (1970-2022).
Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang meliputi heuristik atau
pengumpulan data, kritik sumber, interpretasi serta tahap terakhir adalah
historiografi. Pertama, penulis mengumpulkan informasi yang berhubungan
dengan objek yang diteliti berupa data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dari dokumen dan wawancara dengan narasumber yang memiliki
keterkaitan dengan objek yang diteliti, yang terdiri dari pengurus yayasan,
pimpinan, kepala sekolah, guru, kepala tata usaha, alumni madrasah dan
masyarakat Paraman Ampalu. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi
kepustakaan. Kedua kritik sumber yaitu proses pengujian sumber sejarah baik
secara internal maupun eksternal. Ketiga, interpretasi yaitu menafsirkan kembali
dan menghubungkan data yang saling berkaitan dengan penelitian. Keempat,
historiografi yaitu penyajian hasil penelitian dalam bentuk penulisan ilmiah berupa
skripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Tarbiyah Islamiyah dan MTs
Muhammadiyah memiliki tujuan yang sama secara umum yakni membentuk dan
menghasilkan kader-kader ulama yang sesuai ajaran Islam. MTs Tarbiyah
Islamiyah merupakan sekolah agama pertama di Paraman Ampalu yang berdiri
pada tahun 1954 sedangkan MTs Muhammadiyah berdiri pada tahun 1970. Ditinjau
dari ideologi pendidikannya MTs Tarbiyah Islamiyah identik dengan corak
pendidikan tradisionalis karena melestarikan paham Ahlussunah Waljamaah,
berpegang pada mahzab Asy’ariyah dan Maturidiyah dalam tauhid, berpegang pada
salah satu dari empat mahzab dalam bidang fiqih, dan dalam tasawuf berpegang
pada imam Al- Ghazali serta memiliki tarekat-tarekat. Sementara Ideologi pendidikan MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu bersifat terbuka ( modern) bersumber pada ajaran Islam (A-Qur’an dan Sunnah), tidak
terikat maupun berpegang pada mahzab, namun dalam tasawuf berpegang pada
imam Al-Ghazali, memiliki etos Tajdid dakwah Amar Ma’ruf Nahi Mungkar serta
tidak memiliki tarekat. Perbedaan pelajarannya terlihat pada kitab yang digunakan
yakni MTs Tarbiyah Islamiyah mempelajari kitab kuning berupa nahwu, shorof dan
sinar sahara serta berorientasi pada tafaqquh fi al-din. Sedangkan MTs
Muhamnadiyah tidak menggunakan kitab, ciri kas pelajarannya yaitu Al-Islam
Kemuhammadiyahan dan ISMUBA ( Islam Muhammadiyah dan Bahasa Arab).
Adapun ciri khas model pembelajaran MTs Tarbiyah Islamiyah yakni
ketundukanya terhadap kyai sedangkan MTS muhammadiyah terletak pada guru.
Dalam bidang kurikulum MTs Tarbiyah Islamiyah menggunakan kurikum terpadu
yaitu kurikulum madrasah dan kurikulum pondok pesantren, sedangkan MTs
Muhammadiyah menggunakan kurikulum madrasah pada umumnya. Jika dilihat
dari jumlah siswa, guru dan manajemennya pada tahun 2022 MTs Muhammadiyah
lebih unggul dari MTs Tarbiyah Islamiyah sedangkan dalam bidang sarana dan
prasarana kedua sekolah agama ini sudah lebih baik dari pada awal berdirinya.
Sementara dalam bidang ilmu keislaman alumni MTs Tarbiyah Islamiyah lebih
bagus dari MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu. Namun kedua sekolah agama
ini memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri untuk menarik perhatian
masyarakat. Dengan begitu diharapkan kedua sekolah agama ini mampu
memberikan warna baru dalam bidang pendidikan di Paraman Ampalu.
Actions (login required)
|
View Item |