Ridho, M Rasyid
(2023)
Pengaruh Model Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh model Discovery Learning
terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang.Pada
dasarnya banyak model pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran
sejarah,salah satunya model discovery learning yang diharapkan mampu
meningkatkan hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang.
Model pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar peserta
didik. Oleh karena itu tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui pengaruh model
Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah.
Penelitian ini merupakan quasi-eksperimen ini menggunakan kelas kontrol
dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunaan model pembelajaran
konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan primer. Data
diperoleh menggunakan instrumen tes melalui pelaksanaan pre-test dan post-test.
Data dikalkulasi dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk
mengukur pengaruh pengaruh penerapan model Discovery Learning. Dalam
menggunakan uji Independent Sample T-Test digunakan persyaratan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Berdasarkan Tes yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa Hasil
penelitian pada pelaksanaan pre-test untuk kelas kontrol memperoleh nilai 54,67
dan kelas eksperimen 50,14. Pada pelaksanaan post-test untuk kelas kontrol
memperoleh nilai 84,61 dan kelas eksperimen 89,83. Untuk hasil dari pengujian
normalitas dan homogenitas memperoleh nilai diatas 0,05 yang
menginterpretasikan bahwa data yang digunakan normal dan homogen. Pada uji
indpenden sampel t-tes diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) yaitu 0,000 . Hal ini
menginterpretasikan bahwa model pembelajaran Discovery Learning memiliki
pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, siswa SMA Negeri
1 Lembah Melintang menunjukkan hasil belajar yang meningkat dengan
menggunakan model dicovery learning dibandingkan dengan model konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |