Khanum, Salikha
(2023)
Analisis Semiotika Iklan Rokok Gudang Garam
Versi HUT RI 17 Agustus 2020.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perusahaan Gudang garam adalah perusahaan rokok, yang ingin memberikan dukungan saat
merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia ke- 75, keadaan Indonesia masih dalam situasi
pandemi maka dari itu Perusahaan Gudang Garam ingin memberikan dukungan dan support support
terhadap masyakarakat melalui karya-karya yang dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi simbol dan makna yang tedapat dalam iklan rokok Gudang Garam Versi HUT RI
17 Agustus 2020.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders
Pierce. Menurut pierce terbagi menjadi tiga bentuk klasifikasi yaitu objek, ground dan interpretant.
Sedangkan penulis untuk mengetahui makna pada iklan menggunakan ikon, indeks, simbol,
qulisign, sinsign, dan legisign.
Keterkaitan Iklan Rokok Gudang Garam dengan covid19 dapat dilihat dari tanda visual dan
tanda verbal, seperti saat di scene ke-4 tanda verbal yang mengatakan “dimasa penuh tantangan, kita
selalu yakin karena kita Indonesia”.dari hal itu bahwasannya iklan rokok ini peduli dengan keadaan
yang tengah melanda Negara Indonesia. Yang dimana rokok sebenarnya tidak ada hubungan dengan
covid19.Merokok bisa membuat efek buruk apalagi saat situasi pandemi namun iklan rokok ini
justru peduli terhadap masyarakat Indonesia dengan memberikan peringatan dan waspada saat
terjadinya covid19.
Actions (login required)
|
View Item |