Damanik, Natalia Br
(2023)
Efektivitas Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Kuis
Interaktif Pada Pembelajaran Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros
Maritim Dunia Di Sman 2 Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu,
Sumatera Utara.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas penerapan aplikasi
quizizz sebagai kuis interaktif pada pembelajaran posisi strategis Indonesia sebagai
poros maritim dunia di SMAN 2 Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera
Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen
semu. Sampel diambil secara acak (random sampling), karena anggota populasi
homogen siswa kelas XI IPS 1 dengan kelas XI IPS 2. Instrumen yang digunakan
adalah tes. Dimana lembar tes sudah divalidasi dan reliabilitas terlebih dahulu.
Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,uji normalitas, uji
homogenitas, uji N Gain dan uji T.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar posisi
strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia menggunakan media quizizz
dengan pembelajaran tanpa menggunakan media quizizz hal ini dapat diketahui dari
hasil uji N Gain Pretest Posttest Kelas Kontrol adalah 0,4103 dengan kriteria
sedang. Kemudian dipersentasekan menjadi 41,03% dengan kriteria kurang efektif.
Sedangkan Pretest Posttest Kelas eksperimen dengan diperoleh N Gain 0,6667
dengan kriteria sedang. Kemudian dipersentasekan menjadi 66,67% dengan kriteria
cukup efektif dan hasil uji t siswa dengan Independent Sample Test, nilai
Actions (login required)
|
View Item |