Ummamy, Raudhatya
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dimana permasalahan pada hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah, peserta didik yang terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, guru belum memperkenalkan peserta didik dengan masalah nyata yang dekat dengan lingkungan peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian rm bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 34
Pasar Barn Kabupaten Pesisir Selatan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi.
Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I memperoleh presentase 75% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh presentase 83,33% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 94.4% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru memperoleh 78.57% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh 89,2% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96.42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatam aspek peserta didik memperoleh 78.57% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh
89,2% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi
96.42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 54,54% dengan rata-rata 69,83 dengan kaulifikasi cukup (C) meningkat pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 72,72% dengan rata-rata 76,01 dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,81% dengan rata-rata 80,67. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas V SDN 34 Pasar Barn Kabupaten Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |