Saputra, Joni
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 8 di Kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena guru belum mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik di kelas V yang
berjumlah 28 orang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sumber data yang digunakan adalah RPP dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN O 1 Ulak Karang Selatan Kota Padang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada penilaian RPP siklus I
80,5% (baik) meningkat pada siklus II 91,60% (sangat baik), penilaian aspek guru pada siklus I 76,56% (baik) meningkat pada siklus II 93,75% (Sangat Baik), penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada siklus I 76,56%
(baik) meningkat pada siklus II 93,75% (sangat baik), dan hasil belajar peserta
didik pada siklus I 78,95 (B) meningkat pada siklus II 94,62 (A). Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 01
Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |