Hidayah, Noor
(2023)
Perbedaan Nomophobia Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya penggunaan smartphone dapat mengakibatkan pengguna tidak bisa terlepas dan jauh dari smartphone tersebut. Rasa takut yang berlebihan ketika berada jauh dari ponsel telah dianggap sebagai fobia zaman modem atau yang bisa disebut dengan istilah nomophobia, yang diperkenalkan dalam kehidupan kita sebagai bentuk dari interaksi antara manusia dan teknologi informasi dan komunikasi seluler, terutama smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nomophobia pada siswa laki-laki, gambaran nomophobia pada siswa perempuan dan mengidentifikasi perbedaan nomophobia ditinjau dari jenis kelamin pada siswa laki-laki dan perempuan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan komparatif. Sampel pada penelitian ini adalah 144 orang siswa SMK N 2 Payakumbuh yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dengan cara memberikan instrumen penelitian yang berupa instrumen nomophobia kepada siswa. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis uji beda (T-test) dengan taraf signifikansi 5% (=0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nomophobia pada siswa laki-laki SMK Negeri 2 Payakumbuh adalah 63 (66,32%) termasuk sedang; 2) Nomophobia pada siswa perempuan SMK Negeri 2 Payakumbuh adalah 29
(59,18%) termasuk sedang; 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
nomophobia siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMK N 2 Payakumbuh.
Actions (login required)
|
View Item |