Lathifah, Dwi Adyaksa
(2023)
Hubungan Antara Kepereayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan yaitu siswa yang eenderung mempunyai penyesuaian diri yang buruk dan kurang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penyesuaian diri merupakan suatu tingkah laku yang mendorong individu untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan kelompok sesuai dengan kesadaran dalam diri dan tuntutan lingkungan. Wujud penyesuian diri berupa kemampuan individu berhubungan dengan orang lain. Salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi penyesuaian diri adalah kepereayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) Mendeskripsikan kepereayaan diri siswa, (2) Mendeskripsikan penyesuaian diri siswa, (3) Menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara keereayaan diri dengan penyesuaian diri siswa di SMAN 1 Kee. Kapur IX.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMAN 1 Kee. Kapur IX, kelas XI dan XII pada semester Juli-Desember Tahun Ajaran
2023/2024 yang berjumlah 396 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 199 orang siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala Likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase dan teknik korelasional dengan Pearson Product Moment.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kepereayaan diri siswa berada pada kategori tinggi (65,83%), (2) Penyesuaian diri siswa berada pada kategori tinggi (66,33%), (3) Terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepereayaan diri dengan penyesuaian diri siswa dengan indeks korelasi 0,585 dan nilai signifikan 0,000 dengan tingkat hubungan sedang.
Actions (login required)
|
View Item |