Liza, Yuli Marta
(2023)
Meningkatkan Keterampilan Mewarnai Baju Kaos Motif Batik Ikat Celup Melalui Metode Task Analysis Bagi Anak Tunagrahita Ringan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang peneliti temukan di SLB N 1 Sungai Pagu pada kelas VII C. Terdapat dua orang anak tunagrahita ringan mengalami masalah dalam pembelajaran keterampilan mewarnai baju kaos motif batik ikat celup. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran keterampilan yang berdampak pada rendahnya kemampuan anak. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mewarnai baju kaos motif batik ikat celup melalui metode task analysis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Siklus yang dilaksanakan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap
kemampuan keterampilan anak dalam mewarnai baju kaos motif batik ikat celup. Kemampuan awal AM memperoleh nilai 32,69% dan YS memperoleh nilai
30,76%. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil yang diperoleh yaitu AM
memperoleh nilai 63,46% dan YS memperoleh nilai 61,53%. Pada siklus II, AM memperoleh nilai 84,61% dan YS memperoleh nilai 82,69%. Maka disimpulkan bahwa task analysis dapat meningkatkan keterampilan mewarnai baju kaos motif batik ikat celup bagi anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB N 1 Sungai Pagu.
Actions (login required)
|
View Item |