Tullah, Ranti Rahma
(2023)
Upaya Meningkatkan Keterampilan Membuat Gantungan Kunci dari Kain Perea Melalui Media VideoTutorial bagi Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan Ke/as di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti bersama guru didapat hasil bahwa siswa tunarungu belum mampu memanfaatkan kain perca yang terbuang dan siswa tunarungu memiliki kemampuan membuat gantungan kunci yang masih rendah. Agar pembelajaran tunarungu dapat meningkat maka harus disesuaikan karakteristik belajamya. Salah satu karakteristik belajar siswa tunarungu akan belajar dengan cepat jika media pembelajarannya berbentuk visual. Salah satu media menggunakan visual sebagai komponen didalamnya adalah video tutorial.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperbaiki permasalahan atau kendala yang dihadapi guru saat melaksanakan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilakukan empat kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilakukan bersama dua orang siswa tunarungu berinisial AE dan AN.
Adapun hasil dari penelitian setelah diberikan tindakan pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Kemampuan awal AE 21 % dan AN
38%. Dalam pelaksanaan siklus I AE 40% meningkat siklus II menjadi 88%.
Kemampuan AN siklus I 64% siklus II meningkat 100%. Hal ini dapat membuktikan bahwa video tutorial dapat meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam membuat gantungan kunci dari kain perca di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.
Actions (login required)
|
View Item |