Fernandes, Ella
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Tunarungu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan.Mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sebuah produk yang membantu anak tunarungu dalam membaca permulaan menggunakan produk yang peneliti kembangkan bemama Pop Up Book AYO MEMBACA CERDAS (Cermat dan Asyik). Pop Up Book AYO MEMBACA CERDAS (Cermat dan Asyik) merupakan buku yang dikhususkan untuk anak tunarungu buku ini berisi nama-nama anggota keluarga yang disertai dengan gambar bahasa isyaratnya dan dilengkapi dengan konversi bahasa isyarat. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran pop up book untuk membaca permulaan anak tunarungu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian r & d dengan metode 4D. Adapun tahap dalam penelitian ini adalah define, design,develop (expert appraisal penilaian dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli bahasa isyarat dan developmental testing yang diujicobakan kepada satu orang siswa tunarungu), dan penelitian ini tidak sampai pada tahap penyebarluasan. sehingga menghasilkan produk untuk media pembelajaran membaca permulaan yang layak, praktis dan berguna.
Actions (login required)
|
View Item |