Arma, Zikhra
(2023)
Hubungan Antara Kesiapan Guru Dengan Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka SMK Negeri 1 Batipuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya perubahan kurikulum berdasarkan surat edaran BSKAP- Kemendikburistek nomor 2774/h.h1/kr.00.01/2022 mengenai penerapan pemilihan kurikulum merdeka yang akan diterapkan di sekolah di semua jenjang pendidikan di indonesia. Serta pelatihan untuk penerapan kurikulum merdeka di SMKN 1 Batipuh yang dinilai kurang efektif kepada guru di sekolah. Hal itu membuat materi sulit dipahami, seperti materi mengenai penyusunan perangkat, cara penilaian, metode yang harus diterapkan, dan beberapa hal lain dalam penerapannya. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kesiapan dan persepsi guru, serta bagaimana hubungan antara kesiapan guru dengan persepsi guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMKN 1 Batipuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 di SMK Negeri 1 Batipuh. Populasi pada penelitian ini adalah luruh guru SMKN 1 Batipuh yang berjumlah 72 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, dengan sampel yaitu 38 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) dengan skala likert yang telah dilakukan validasi dan reabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa kesiapan guru tergolong baik, serta persepsi guru juga baik, dan hubungan antara kesiapan guru dengan persepsi guru dalam implementasi kurikulum merdeka SMKN 1 Batipuh tergolong pada kategori kuat dengan nilai positif, dimana semakin tinggi kesiapan guru maka akan semakin tinggi juga persepsi guru dalam implementasi kurikulum merdeka SMKN 1 Batipuh.
Actions (login required)
|
View Item |