Dinova, Sri Gustina
(2023)
Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Talking Chips dengan Konvensional dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi SMAN 1 Kecamatan Guguak Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips
dengan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA N 1
Kecamatan Guguak kabapaten Lima Puluh Kota. 2) Untuk mengetahui perbedaan
hasil belajar siswa yang lebih aktif dengan siswa yang kurang aktif pada mata
pelajaran ekonomi siswa di kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak kabupaten
Lima Puluh Kota. 3) Untuk mengetahui interaksi penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe talking chip dan pembelajaran konvensional dengan keaktifan pada
mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak kabupaten Lima
Puluh Kota.
Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas XI
IPS SMAN 1 Kecamatan Guguak Lima Puluh Kota. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari teknik pengambilan sampel
ini terpilih kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas
kontrol. Rancangan penelitian menggunakan desain factorial design 2x2. Sumber
data penelitian ini yaitu untuk data primer berupa hasil belajar siswa. Sedangkan
untuk sumber sekunder berupa jumlah siswa. Alat pengumpulan data adalah
dengan menggunakan dua intrumen yang berbeda, yaitu angket keaktifan siswa
dan tes hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Kedua data tersebut dianalisis secara
deskriptif dan induktif melalui analisis ― two way of ANOVA‖.
Hasil penelitian yaitu: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif talking chips dan model
pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
lebih aktif dengan siswa yang kurang aktif. 3) Apakah terdapat interaksi model
pembelajaran kooperatif talking chips dan konvensional dengan keaktifan siswa
tetapi tidak signifikan.
Maka disarankan kepada peneliti selanjutnya, dapat meneliti model
pembelajaran talking chips pada mata pelajaran ekonomi. Selain itu diharapkan
meneliti model pembelajaran kooperatif lainnya yang dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa. Sehingga hasil penelitiannya nanti dapat
meningkatkan kontribusi dalam memperbaiki kualitas dan kuantitas belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |