Artika, Febry
(2023)
Persepsi Guru Geografi Tentang Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pada Aspek Perencanaan Dalam Pembelajaran Geografi di SMA Penggerak Se-Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru geografi tentang kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada aspek perencanaan dalam pembelajaran geografi di SMA penggerak se-Kota Padang. Persepsi guru geografi dalam mempersiapkan aspek perencanaan pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dapat dilihat dari penyusunan perencanaan perangkat pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling atau keseluruhan, subjek dalam penelitian ini merupakan seluruh guru yang mengajar mata pelajaran geografi di seluruh SMA Penggerak se-Kota Padang yang berjumlah sebanyak 7 orang dari 5 sekolah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Guru geografi di SMA penggerak se-Kota Padang mempersepsikan bahwa perubahan pada kurikulum adalah hal yang wajar dan harus seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi. 2) Guru geografi di SMA penggerak Se-Kota Padang mempersepsikan bahwa perencanaan dalam kurikulum 2013 lebih baik dan lebih mudah dipahami. 3) Guru geografi di SMA penggerak se-Kota mempersepsikan bahwa perencanaan dalam kurikulum merdeka sedikit memiliki kendala dan sulit dipahami.
Actions (login required)
|
View Item |