Azmi, Nurul
(2023)
Pengembangan Instrument Assessment Pembelajaran Fisika
pada Model PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Keterampilan 4C peserta didik masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu
penggunaan instrument assessment yang belum sesuai, belum memuat model
project based learning dan indikator keterampilan 4C. Tujuan dari penelitian ini
adalah 1) menghasilkan instrument assessment pembelajaran fisika pada model
project based learning untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik dengan
kriteria valid, 2) menguji praktikalitas dan efektivitas instrument assessment
pembelajaran fisika pada model project based learning untuk meningkatkan
keterampilan 4C peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development/ R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap
analyze, tahap design, tahap develop, tahap implement dan tahap evaluate. Sebagai
objek penelitiannya yaitu instrument assessment pembelajaran fisika pada model
PjBL untuk meningkatkan keterampilan 4C. Instrumen pengumpul data yang
digunakan berupa lembar validasi, lembar uji kepraktisan pendidik dan peserta
didik, dan lembar uji efektivitas. Uji efektivitas menggunakan lembar penilaian tes
(pretest dan postest) dan lembar penilaian kompetensi sikap dan keterampilan
peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas, analisis
kepraktisan penggunaan instrument assessment, dan analisis efektivitas
penggunaan instrument assessment (analisis kompetensi pengetahuan (pretest dan
posttest), analisis kompetensi sikap dan analisis kompetensi sikap.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil
penelitian. Pertama, nilai rata-rata validitas instrument assessment model project
based learning adalah 0,85 dan nilai ini termasuk pada kriteria valid. Kedua, nilai
rata-rata uji kepraktisan instrument assessment model project based learning oleh
pendidik dan peserta didik masing-masing 90% dan 86,15%. Nilai ini menunjukkan
instrument assessment model project based learning berada pada kriteria sangat
praktis. Disamping itu, instrument assessment model project based learning efektif
untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik pada aspek sikap, aspek
pengetahuan, aspek keterampilan komunikasi dan aspek keterampilan kolaborasi.
Actions (login required)
|
View Item |