Chaniago, Ilham Potra
(2023)
Optimasi Sistem Pengapian terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah dengan Metode Taguchi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mencari hasil optimal dari sistem pengapian Genis busi, jenis koil, waktu pengapian) dan campuran bensin dan ethanol (biogasoline) terhadap emisi gas buang sepeda motor 4 langkah dengan menggunakan metode taguchi, yang mana penelitian ini juga dapat di jadikan sebagai referensi untuk peneliti selanjutnya. Objek penelitian pada penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Vega ZR 2010 modifikasi sistern injeksi.
Data hasil penelitian ini merupakan data primer dimana peneliti rnelakukan pengumpulan data secara langsung mengggunakan gas analyzer untuk mengetahui emisi gas buang (HC dan CO) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, rancangan optiamal yang dipadatkan untuk hidrokarbon adalah dengan menggunakan busi iridium, koil blue thunder, waktu pengapian 13° sebelum TMA dan biogasoline E75. Sedangkan untuk karbon monoksida adaah mengunakan busi platinum, koil 5TP, waktu pengapian 17° dan biogasoline E75. hidrokarbon (HC) mendapat respon mean optimal yaitu faktor A2 respon mean (317,78), B2 respon mean (325,89), Cl respon mean (299,22) dan 02 respon mean (316,33). Sedangkan untuk respon rata-rata optimal karbon monoksida (CO) yaitu faktor A3 respon mean (1,28), Bl respon mean (1,26), C3 respon mean (1, 19) dan 02 respon mean (1,26).
Actions (login required)
|
View Item |