Perbandingan Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan Support Vector Machine (SVM) dalam Klasifikasi Sentimen Mobil Listrik Menggunakan Data Twitter

Afifah, Nurul (2023) Perbandingan Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan Support Vector Machine (SVM) dalam Klasifikasi Sentimen Mobil Listrik Menggunakan Data Twitter. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_NURUL_AFIFAH_19337063_5346_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mobil listrik mulai menarik perhatian masyarakat karena manfaatnya dalam mengurangi emisi gas karbon dan memberi dampak positif pada lingkungan. Namun, diantara kelebihan tersebut terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mobil listrik. Diantaranya harga mobil listrik yang relatif mahal dan tempat pengisian bahan bakar yang masih minim di Indonesia. Sehingga, penggunaan mobil listrik sebagai alternatif dari mobil konvensional menuai pendapat positif dan negatif dari masyarakat. Oleh karenanya, peran analisis sentimen sangat diperlukan ketika terjadi beragam pendapat yang bertujuan untuk menganalisis teks apakah pesan tersebut bernada emosional positif atau negatif. Analisis sentimen mengenai persepsi masyarakat terhadap mobil listrik sangat penting bagi produsen mobil listrik dan pemerintah dalam merancang strategi pemasaran dan kebijakan yang efektif. Melalui sentimen positif dan negatif tersebut, produsen dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik dari mobil listrik. Untuk menganalisis sentimen dari ulasan mengenai mobil listrik menggunakan data yang berasal dari media sosial twitter, digunakan metode klasifikasi Naïve Bayes Classifier (NBC) dan Support Vector Machine (SVM). Dimana NBC mengandalkan kesederhanaan dan probabilitas dalam melakukan klasifikasi sedangkan SVM bekerja dengan menemukan hyperplane terbaik. Untuk mengetahui hasil kerja dari metode NBC dan SVM, digunakanlah confusion matrix dan kurva ROC AUC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SVM lebih baik dalam mengklasifikasikan sentimen mobil listrik dibanding NBC. Hal ini dilihat dari akurasi yang dihasilkan dengan kelas positif sebanyak 78,37% dan kelas negatif sebanyak 21,63%. Dimana perolehan akurasi SVM adalah 82% dengan nilai AUC 85,4% dan akurasi NBC adalah 77,8% dengan nilai AUC sebesar 78,5%. Artinya, model naïve bayes berhasil memprediksi kelas yang tepat untuk 77,8% data dan model SVM berhasil memprediksi kelas yang tepat untuk 82% data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:44
Last Modified: 07 Dec 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48887

Actions (login required)

View Item View Item