Mulyana, Venny
(2023)
“Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains dan Literasi Lingkungan
Berbasis Buku Pengayaan Angin Puting Beliung.
Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.
Abstract
Telah dikembangkan instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan
berbasis buku pengayaan fisika Angin Puting Beliung. Instrumen ini dibutuhkan
untuk mengukur kualitas buku pengayaan yang telah dikembangkan, mencakup 1)
instrumen penilaian literasi sains yang terdiri dari aspek konteks sains, pengetahuan
sains, kompetesnsi sains, dan sikap terhadap sains, 2) instrumen penilaian literasi
lingkungan yang terdiri dari aspek pengetahuan lingkungan, kemampuan
pemecahan masalah lingkungan, dan sikap terhadap lingkungan. Instrumen ini
diharapkan mampu mengukur efektivitas buku pengayaan dalam mengasah literasi
sains dan literasi lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian literasi sains
dan literasi lingkungan berbasis buku pengayaan fisika Angin Puting Beliung yang
valid, reliabel, dan praktis. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode
yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model
ADDIE, dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi. Instrumen penilaian literasi sains dibuat dalam bentuk tes uraian 15 butir
pertanyaan dan kuesioner penilaian diri 6 butir pernyataan. Instrumen literasi
lingkungan berjumlah 40 butir terdiri dari aspek pengetahuan lingkungan 13 butir
pertanyaan, kemampuan pemecahan masalah lingkungan 9 butir pertanyaan, dan
sikap terhadap lingkungan 18 butir pernyataan.
Hasil uji validasi ahli terhadap instrumen penilaian literasi sains didapatkan nilai V
sebesar 0.85 dengan kategori valid dan instrumen literasi lingkungan 0.85 dengan
kategori valid. Sudah dilakukan uji coba terhadap instrumen yang dikembangkan
melibatkan 3 orang guru dan 26 orang peserta didik di SMAN 2 Padang Panjang.
Hasil uji validitas empiris didapatkan bahwa instrumen literasi sains didapatkan 21
butir instrumen teruji valid, sedangkan instrumen penilaian literasi lingkungan
didapatkan 39 dari 40 butir instrumen yang valid. Butir instrumen yang valid dinilai
tingkat reliabilitasnya. Reliabilitas instrumen literasi sains untuk tes uraian dan
kuesioner penilaian diri masing-masing sebesar 0,80 dan 0,81 dengan kategori
sangat tinggi, sedangkan instrumen literasi lingkungan untuk tes uraian dan
kuesioner penilaian diri masing-masing didapatkan hasil koefisien reliabilitasnya
0.91 dan 0.88 dengan kategori sangat tinggi.
Kepraktisan instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan dinilai oleh
guru dan peserta didik setelah menggunakan instrumen penilaian. Nilai kepraktisan
instrumen penilaian literasi oleh guru dan peserta didik masing-masing 86% dan
86,1% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan instrumen literasi lingkungan
sebesar 86,2% dan 86,1% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan
bahwa instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan yang
dikembangkan layak digunakan untuk menilai efektivitas buku pengayaan Fisika
Angin Puting Beliung.
Actions (login required)
|
View Item |