Rahmadina, Rahmadina
(2023)
Hubungan Pendekatan Andragogi Tutor dengan Keaktifan Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Uhibbu Ummi Kab. Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar warga
belajar Paket C di PKBM Uhibbu Ummi Kab. Lima Puluh Kota. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pendekatan andragogi tutor Paket C di
PKBM Uhibbu Ummi; (2) mengetahui gambaran keaktifan belajar warga belajar
Paket C di PKBM Uhibbu Ummi Kab. Lima Puluh Kota; (3) mengetahui gambaran
pendekatan andragogi tutor dengan keaktifan belajar warga belajar Paket C di
PKBM Uhibbu Ummi Kab. Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini yaitu warga belajar Paket C di PKBM Uhibbu Ummi yang berjumlah
62 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling,
sampel 60% sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik
analisis data menggunakan rumus Rank Order.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pendekatan andragogi tutor
masih tergolong rendah; (2) rendahnya keaktifan belajar warga belajar; (3) dan
terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan andragogi tutor dengan
keaktifan belajar warga belajar Paket C di PKBM Uhibbu Ummi Kab. Lima Puluh
Kota. Disarankan kepada: (1) agar pengelola untuk selalu berinovasi dengan
kegiatan yang dilakukan sehingga selalu menjaga kualitas kegiatan yang telah
dilaksanakan; (2) kepada tutor untuk selalu mendukung dan meningkatkan kegiatan
program kesetaraan; (3) dan diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat
menjadikan skripsi ini sebagai referensi dan mencari temuan baru untuk dapat
memperbanyak variabel yang ada.
Actions (login required)
|
View Item |