Sari, Yulinda
(2023)
Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk
Sekolah Penggerak Fase F SMAN 15 Padang pada Materi Asam
Basa.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning untuk sekolah penggerak fase F Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang pada materi asam basa. Penelitian ini dilakukan untuk
menentukan kevalidan dan tingkat kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Education Design Research (EDR). Jenis penelitian ini memiliki tiga tahap yaitu Preliminary Research atau
investigasi awal, Development or Prototyping phase, dan tahap Assessment. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap prototipe. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validitas dan praktikalitas. LKPD ini
divalidasi oleh lima orang validator yaitu tiga orang dosen departemen kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang dan dua orang guru kimia Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang. Data validasi
yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s V. Penelitian ini juga diuji praktikalitas nya melalui angket praktikalitas yang diberikan kepada guru dan peserta didik kelas XII Fase F Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang.
Berdasarkan hasil angket validitas dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai V sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan, hasil dari praktikalitas guru dan peserta didik didapatkan nilai
Praktikalitas berturut-turut sebesar 92% dan 90% dengan kategori sangat praktis
Actions (login required)
|
View Item |