Lendarwati, Yana
(2023)
Pengembangan LKPD Berbasis PBL pada Materi Larutan Penyangga untuk Sekolah Penggerak Fase F SMAN 15 Padang.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi larutan penyangga untuk sekolah penggerak fase F dan digunakan untuk mengetahui kevalidan dan tingkat kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Education Design Research (EDR) memiliki tiga tahapan yaitu preliminary research atau investigasi awal, development or prototyping phase atau pembuatan dan pengembangan prototipe, dan tahap
terakhir yaitu assessment. Namun tahap assessment tidak dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan instrument berupa angket validasi dan praktikalitas. LKPD ini divalidasi oleh lima orang validator, diantaranya dua
dosen departemen kimia FMIPA UNP dan dua guru kimia SMAN 15 Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Data validasi yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s V, sedangkan data praktikalitas dianalisis menggunakan perbandingan nilai respon peserta didik dan guru dengan nilai maksimal yang diperoleh. Berdasarkan angket validasi yang sudah dianalisis
dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai V sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan praktikalitas yang diisikan guru dan peserta didik didapatkan nilai NP berturut-berturut sebesar 92% dan 89%
dengan kategori sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |