Persimala, Mutya Dwi
(2023)
Persepsi Siswa tentang Tawuran.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tawuran merupakan perilaku menyimpang dari berbagai norma. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang tawuran dengan
beberapa aspek: (1) kognisi, (2) afeksi dan, (3) konasi. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah
siswa kelas X, XI, dan XII SMK Kartika I-1 Padang yang berjumlah 172 siswa
dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 172 siswa, penarikan sampel
menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu angket dengan model skala Likert. Data diolah menggunakan teknik
analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor persepsi siswa tentang
tawuran berada pada kategori baik. Hasil penelitian skor persepsi siswa tentang
tawuran dapat dilihat dengan rinci sebagai berikut: (1) skor persepsi siswa tentang
tawuran dilihat dari aspek kognisi berada pada kategori baik, (2) skor persepsi
siswa tentang tawuran dilihat dari aspek afeksi berada pada kategori baik, (3) skor
persepsi siswa tentang tawuran dilihat dari aspek konasi berada pada kategori baik.
Artinya siswa memandang bahwa tawuran itu tidak boleh dilakukan, dapat
merugikan diri sendiri dan orang lain, serta bersifat negatif.
Actions (login required)
|
View Item |