Wulandari, Weni
(2023)
Pengaruh Utilitarian Value terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Daima Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
utilitarian value terhadap loyalitas konsumen di Hotel Daima Padang.
Jenis penelitian ini adalah assosiatif kausal dengan metode survey melalui
data kuantitatif. Variabel dari penelitian ini terdiri dari Variabel bebas (independen)
dan Variabel terikat (dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
yang pernah berkunjung ke Hotel Daima Padang dengan sampel 174 orang.
Instrumen penelitian ini adalah kuisioner (angket) yang disusun menurut skala
likert. Uji coba instrument dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji
reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 26.00. Uji persyaratan
analisis dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji
multikolonieritas.
Hasil penelitian ini adalah Utilitarian Value di Hotel Daima Padang secara
keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 68% serta berada
pada rentang skor 33,5-< 40,5. Loyalitas Konsumen tamu di Hotel Daima Padang
secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 77% serta
berada pada rentang skor 26,65-<31,95. Diperoleh koefisien regresi sebesar 12,283
dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar satuan Utilitarian
Value akan meningkatkan 12,283 satuan kepuasan tamu. Terdapat pengaruh yang
signifikan antara Utilitarian Value terhadap Loyalitas Konsumen tamu di Hotel
Daima Padang yaitu sebesar 0,467 (46,7%) dan selebihnya dipengaruhi faktor lain.
Kemudian setiap peningkatan sebesar 1 satuan Utilitarian Value akan
meningkatkan 0,684 satuan Loyalitas Konsumen tamu
Actions (login required)
|
View Item |