Ananda, Vika
(2023)
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Tamu di Fave Hotel Olo Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti selama
melakukan Magang Bersertifikat II di Fave Hotel Olo Padang pada Periode
Juli-Desember 2022 peneliti menemukan beberapa keluhan tamu pada google
review. Adanya keluhan tamu karena tidak kesesuaian harapan dengan
kenyataan yang ditemukan selama menginap di hotel, Adanya keluhan tamu
tidak ingin datang lagi ke hotel. Adanya tamu yang menginap menyatakan
tidak merekomendasikan hotel. Adanya keluhan tamu yang menyatakan
kamar tidak sesuai dengan yang dipesan. Adanya keluhan tamu mengenai
lambatnya dalam melayani tamu check-in Selanjutnya Adanya tamu yang
menginap menyatakan fasilitas hotel kurang lengkap. Penelitian ini bertujuan
untuk Mendeskripsikan kualitas produk, Mendeskripsikan kepuasan tamu dan
Menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan tamu di Fave Hotel
Olo Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan
metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang
menginap di Fave Hotel Olo Padang yang berjumlah 2.489 orang dengan
sampel 97 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu
non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas,
analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi (uji normalitas, uji linearitas, dan uji
koefisien determinasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berada pada
kategori cukup baik secara keseluruhan dengan persentase (51%), (2)
Kepuasan tamu berada pada kategori cukup baik secara keseluruhan dengan
persentase (37%), (3) Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F
hitung 54.013 dengan sig 0,000 <0.05 maka regresi dapat dipakai. Artinya
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Hasil
persamaan koefisien regresi sebesar 0,510 dengan sig. 0,000 < 0,05, artinya
setiap peningkatan sebesar 1 satuan kualitas produk akan meningkatkan 1
satuan kepuasan tamu. Kemudian nilai R Square sebesar 0,362. Artinya
kualitas produk mempengaruhi kepuasan tamu sebesar 36,2%, sedangkan
63,8% di pengaruhi oleh faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |