Olivia, Vini
(2023)
Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 04 Cubadak Air.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan hasil
belajar siswa, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model
pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa, dan kurang
memberikan permasalahan kepada siswa. Akibatnya siswa didalam kelas terlihat
kurang mampu dalam menentukan masalah dan cara penyelesaiannya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini didahului dengan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran
2022/2023. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku
praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 13 orang
laki-laki dan 11 orang perempuan.
Hasil penelitian siklus I pada aspek RPP rata-rata 76,78% (cukup),
meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada
aktivitas guru rata-rata 80,35% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,42%
(sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktifitas siswa rata-rata 78,58% (cukup)
meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada
siklus I rata-rata 67,99 (kurang), meningkat pada siklus II menjadi 80,4 (baik).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu
di sekolah dasar
Actions (login required)
|
View Item |