Adhona, Rila Kasih
(2023)
Pengaruh Metode Membaca Tanpa Mengeja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia (Pre-Eksperimen Di SD Negeri 17 Jawa Gadut).
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena penulis menemukan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada beberapa anak kelas 1 di SD Negeri 17 Jawa Gadut. Penulis menemukan tujuh orang anak yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Dimana anak mengalami kesulitan dalam menggabungkan huruf menjadi suku kata. Faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca yaitu rasa malas dalam diri anak. Sehingga dengan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada beberapa anak kelas satu mengakibatkan kesulitan dalam proses pembelajaran dan berdampak pada prestasi
anak disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca tanpa mengeja terhadap kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan jenis eksperimen. Informan dalam penelitian ini yaitu berasal dari anak. Instrumen
penelitian ini yaitu tes. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan statistik nonparametrik dengan uji statistik wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan membaca permulaan anak disleksia menggunakan metode membaca tanpa mengeja yang terbukti dari uji wilcoxon dimana Whitung = 0 dan Wtabel = 2. Hal tersebut menunjukkan bahwa Whitung < Wtabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil wilcoxon tersebut menyatakan bahwa metode membaca tanpa mengeja memiliki pengaruh dalam membantu anak disleksia dalam proses membaca permulaan.
Actions (login required)
|
View Item |