Putri, Silvia Yerika
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan
Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang
belum berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang disajikan kurang
menyajikan konsep secara utuh dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah
atau belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan
hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 03 Pancung Tebal
Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan tiga kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu (1)
Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta
didik dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 5 orang
perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu
dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 80,55%,
siklus II meningkat menjadi 94,44%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I
adalah 82,14%, siklus II meningkat menjadi 96.42%. (3) Penilaian rata-rata aspek
peserta didik siklus I adalah 82,14%, siklus II meningkat menjadi 96.42%. (4)
Penilaian rata-rata pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 79,56, siklus II
meningkat menjadi 87,09. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu
dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada
tematik terpadu kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kabupaten Pesisir Selatan
Actions (login required)
|
View Item |