Aulia, Reski Yesma
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah
dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang
termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam proses
pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran
yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN
05 Air Tawar Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus,
dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan.
Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V sebanyak 29 orang,
yang terdiri dari 17 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 88,37%
(B), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I
diperoleh 80,35% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB). Sedangkan nilai rata-rata
aspek peserta didik siklus I diperoleh 80,35% (B), meningkat pada siklus II 92,85%
(SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,67 (K) dan
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,19 (B). Dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 05 Air Tawar
Barat.
Actions (login required)
|
View Item |