Martayoza, Fadhillah
(2023)
Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap
Kualitas Pelayanan di RSUD Prof. DR. MA Hanafiah
SM Batusangkar Tahun 2023 Menggunakan Regresi
Logisik Biner.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Undang-undang Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit yaitu memberikan
perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit, serta
memberikan kepastian kepada pasien di rumah sakit. Kepuasan pasien tergantung pada
kualitas pelayanan, kepuasan dapat dicapai apabila penerima layanan memperoleh
pelayanan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diharapkan. Suatu layanan dapat
dikatakan baik, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi
kebutuhan pasien, dengan menggunakan persepsi pasien tentang kualitas layanan yang
diterima (memuaskan atau mengecewakan, juga termasuk lamanya waktu layanan).
Dalam menilai kepuasan pasien masih terdapat beberapa kendala seperti lambatnya
waktu tunggu untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof. DR. MA
Hanafiah SM Batusangkar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa
saja yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan RSUD Prof.
DR. MA Hanafiah SM Batusangkat tahun 2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kuisioner
kepada masyarakat yang melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum
Daerah Prof. DR. MA Hanafiah SM Batusangkar tahun 2023. Pada penelitian ini
variabel terikatnya (Y) yaitu Kepuasan Pasien , sedangkan variabel bebasnya yaitu
bukti langsung (X1), kehandalan (X2), ketanggapan (X3), jaminan dan kepastian (X4)
serta empati (X5). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi
Logistik Biner.
Hasil penelitian ini menunjukan tiga variabel yang berpengaruh terhadap
kepuasan pasien yaitu bukti langsung (X1), kehandalan (X2) dan empati (X5) dengan
model:
Actions (login required)
|
View Item |