Tawalani, Yurike Adyel
(2023)
Kesiapan Siswa SMA Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu tujuan dan fungsi pendidikan di SMA adalah mempersiapkan
siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, masih ditemukan
beberapa siswa belum memiliki kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Kesiapan siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi terdiri atas prestasi
akademik, perilaku, motivasi, katerlibatan sosial, keadaan keluarga, dan
karakteritik sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
kesiapan siswa SMA melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan implikasinya
dalam layanan bimbingan dan konseling.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 2X11
Kayutanam kelas X dan XI dengan jumlah populasi penelitian 264 siswa.
Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel
proportional random sampling sebanyak 160 siswa. Jenis data yang digunakan
adalah data interval. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen kesiapan
siswa SMA melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan model skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan siswa SMA melanjutkan
studi ke perguruan tinggi dilihat berdasarkan : 1) aspek prestasi akademik berada
pada kategori siap, 2) aspek perilaku berada pada kategori tidak siap,3) Aspek
motivasi berada pada kategori tidak siap, 4) aspek keterlibatan sosial berada pada
kategori cukup siap, 5) aspek keadaan keluarga berada pada kategori tidak siap, 6)
aspek karakteristik sekolah berada pada kategori tidak siap. Berdasarkan temuan
penelitian, guru BK/Konselor dapat berperan dengan memberikan layanan
bimbingan dan konseling dan bekerja sama dengan pihak sekolah serta orang tua
dalam meningkatkan kesiapan siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan
pentingnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Melalui layanan bimbingan
dan konseling guru BK/Konselor dapat memberikan berbagai jenis layanan
bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa diantaranya
layanan informasi, layanan penguasaan konten, dan layanan bimbingan kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |