Ibna, Resti Hidayatul
(2023)
Hubungan Penyalahgunaan Gadget dengan Motivasi Belajar Siswa SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perkembangan zsaman yang semakin canggih, terutama di bidang
teknologi salah satunya gadget, sehingga dapat menimbulkan dampak positif dan
negatif bagi penggunanya. Salah satu dampak negatif adalah penggunaan gadget
yang berlebihan pada siswa, dalam penggunaanya siswa tidak mampu
membatasinya sehingga membuat turunnya motivasi siswa dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penyalahgunaan gadget pada siswa,
(2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa, dan (3) untuk menguji hubungan
penyalahgunaan gadget dengan motivasi belajar siswa SMP
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 263 orang siswa dengan teknik
Simpel Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan
menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan
untuk menguji hubungan penyalahgunaan gadget dengan motivasi belajar
digunakan teknik pearson product moment correlation
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penyalahgunaan gadget pada
umumnya berada pada kategori tinggi, (2) motivasi belajar berada pada kategori
sedang, dan (3) Terdapat hubungan negatif antara penyalahgunaan gadget dengan
motivasi belajar pada siswa dengan koefisien korelasi -0,346 dan taraf signifikansi
0,001. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru BK dapat memberikan
bantuan berupa layanan bimbingan informasi, layanan bimbingan kelompok, agar
mampu meningkatkan motivasi belajar dengan baik.
Actions (login required)
|
View Item |