Mardiah, Mutiah Radiyatan
(2023)
Motivasi Belajar Peserta Didik yang Proses Belajarnya Digabung dan Dipisah Antara Laki-laki dan Perempuan Dalam Satu Kelas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
dalam menumbuhkan gairah, kesenangan, dan semangat dalam belajar.
Namun pada nyatanya, masih ada ditemukan peserta didik yang memiliki motivasi
belajar yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu adanya hasrat
dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk melihat gambaran bagaimana motivasi belajar siswa yang proses
belajarnya digabung dan dipisah antara laki-laki dan perempuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotional
random sampling, dan ditetapkan sebanyak 188 sampel. Instrumen yang digunakan
untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen motivasi belajar
dengan model skala likert. Data diolah dengan menggunakan rumus interval dan
persentase skor.
Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwa, motivasi belajar
peserta didik yang proses belajarnya digabung laki-laki dan perempuan dalam satu
kelas berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 59,81%, kelas yang
hanya terdapat laki-laki berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar
46,34%, dan kelas yang hanya terdapat perempuan berada pada kategori tinggi
sebesar 57,50%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa kelas yang proses belajarnya
digabung laki-laki dan perempuan memiliki persentase lebih tinggi dari kelas yang
dipisah antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan kelas yang dipisah antara laki-laki dan perempuan, kelas yang hanya terdapat perempuan memiliki persentase
cenderung sedikit lebih tinggi daripada kelas yang hanya terdapat laki-laki.
Actions (login required)
|
View Item |