Ningsih, Tri Afrida
(2023)
Persepsi Mahasiswa Prodi PAI Angkatan
2022 terhadap Mata Kuliah Tashhih Tilawah Alquran.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Alquran merupakan sumber hukum Islam yang paling utama, prodi PAI
merupakan salah satu prodi yang dominan berinteraksi dengan Alquran. Akan
menjadi persoalan jika mahasiswa prodi PAI tidak mampu untuk membaca
Alquran dengan baik dan benar, diadakan suatu mata kuliah yakni Tashhih
Tilawah Alquran untuk mengatasi persoalan tersebut. Namun mahasiswa prodi
PAI memiliki respon dan pandangan yang berbeda terhadap pelaksanaan
pembelajaran mata kuliah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Tashhih Tilawah
Alquran, serta persepsi positif dan negatif mahasiswa terhadap pelaksanaan
pembelajaran mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif, sumber data diperoleh melalui wawancara kepada
kepala prodi PAI, dosen pengampu dan mahasiswa. Peneliti menggunakan
pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data
hasil wawancara. Selain itu data juga diperoleh melalui dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber
dan teknik.
Hasil temuan dalam penelitian ini 3 hal berikut yaitu Pertama,
pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran terdiri dari
beberapa komponen pembelajaran yaitu sistem pembelajaran (diusahakan
dilakukan secara tatap muka), alokasi waktu (2 sks setara dengan 2x50 menit),
metode (talaqqi musyafahah dan metode ceramah), media (media manusia
dipadukan dengan media PPT, Alquran KSA Edu dan Alquran Word), materi
(materi berpedoman dari buku Tajwid karangan Ismail Tekan, serta materi
mengenai irama dalam membaca Alqura), dan evaluasi (dilakukan dengan tes dan
non tes). Kedua, persepsi positif mahasiswa prodi PAI angkatan 2022
terhadap mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran diantaranya: a) mempelajari
Alquran agar menjadi hamba yang bertaqwa. b) belajar Tashhih Tilawah Alquran
penting karena umat Islam perlu memahami Alquran. c) belajar Tashhih Tilawah
Alquran meningkatkan kualitas dalam membaca Alquran. d) belajar Tashhih
Tilawah Alquran menghindarkan dari perubahan arti dan makna saat
membaca Alquran. Ketiga, persepsi negatif mahasiswa prodi PAI angkatan 2022
terhadap mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran diantaranya: a) metode
pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi. b) jadwal belajar yang tidak
menetap. c) waktu belajar yang singkat. d) kapasitas peserta didik dalam kelas
terlampau banyak.
Actions (login required)
|
View Item |