Pratiwi, Dia Permata
(2016)
Kepercayaan Diri dan Interaksi Sosial Siswa Pindahan Se
Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pindah sekolah seringkali tidak dapat dielakkan dengan berbagai alasan.
Siswa yang pindah mau tidak mau dituntut menyesuaikan diri dengan lingkungan
barunya yang membutuhkan kemampuan interaksi sosial. Fenomena yang ada di
lapangan, dimana masih banyak siswa pindahan yang memiliki perasaan takut,
ragu dan tidak percaya diri untuk bertindak, berpendapat maupun berinteraksi
dengan orang lain baik dalam interaksi sosial maupun dalam kegiatan
akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat
kepercayaan diri siswa dan interaksi sosial siswa pindahan SMA Negeri se-Kota
Padang.
Penelitian ini berbentuk deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
pindahan di SMA Negeri se-Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2015/2016 sebanyak 60 orang. Penarikan sampel adalah dengan metode Total
Sampling sehingga populasi dijadikan sampel yaitu 60 orang. Data dikumpulkan
dengan angket, dan diolah melalui teknik statistik dengan menentukan nilai mean,
standar deviasi, range dan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
keseluruhan terdapat sebanyak 43,3% siswa pindahan memiliki tingkat
kepercayaan diri sedang, dan secara keseluruhan bahwa terdapat sebanyak 33,3%
siswa pindahan memiliki kemampuan interaksi sosial yang kurang.
Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan Guru BK dapat
menyusun program kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mengembangkan interaksi sosial yang
positif di antara siswa. Selain itu, perlunya kerja sama antar personel sekolah
dengan orang tua siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dan interaksi
sosial siswa pindahan di sekolah dapat berkembang ke arah yang lebih baik.
Actions (login required)
|
View Item |