Rashifa, Alya
(2023)
Analisis Cluster untuk Pengelompokan Kecamatan di Kota Padang
Berdasarkan Jenis Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kekerasan adalah ancaman terhadap diri sendiri atau masyarakat yang
menyebabkan kematian, kerugian psikologis, trauma atau perampasan hak. Kasus
kekerasan yang menimpa perempuan dan anak di Kota Padang marak terjadi. Untuk
menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di kota Padang, maka
pemerintah perlu melakukan upaya pengendalian terhadap kasus ini. Langkah yang
dapat dilakukan oleh pemerintah adalah mengelompokan Kecamatan di Kota
Padang berdasarkan jenis kekerasan sehingga dapat memutuskan kebijakan yang
tepat untuk menangani kasus ini. Analisis yang digunakan untuk penelitian adalah
analisis cluster.
Analisis cluster merupakan teknik pengelompokan objek-objek berdasarkan
tingkat kemiripan karakteristik yang dimiliki. Data yang digunakan berupa data
sekunder yang diperoleh dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan
dan Anak Kota Padang tahun 2020-2021. Variabel dalam penelitian ini yaitu KDRT
(X1), kekerasan fisik (X2), kekerasan psikologis (X3), kekerasan seksual (X4) dan
penelantaran (X5). Objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 11 Kecamatan
di Kota Padang.
Hasil analisis cluster hirarki diperoleh 4 cluster pada kasus kekerasan terhadap
perempuan, dan 3 cluster pada kasus kekerasan terhadap anak. Pada kasus
kekerasan terhadap perempuan, cluster 1 terdapat satu Kecamatan dengan tingkat
kekerasan paling tinggi, cluster 2 terdapat delapan Kecamatan dengan tingkat
kekerasan paling rendah, cluster 3 terdapat satu Kecamatan dengan tingkat
kekerasan sedang, dan cluster 4 terdapat satu Kecamatan dengan tingkat kekerasan
rendah. Untuk kasus kekerasan terhadap anak, cluster 1 terdapat satu Kecamatan
dengan tingkat kekerasan paling tinggi, cluster 2 terdapat tujuh Kecamatan dengan
tingkat kekerasan sedang, dan cluster 3 terdapat tiga Kecamatan dengan tingkat
kekerasan paling rendah.
Actions (login required)
|
View Item |