Sari, Dewi Permana
(2016)
Hubungan Iklim Sekolah dengan Semangat Kerja Guru
SMK Swasta se-Kota Padang Panjang.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS NEGERI PADANG.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis diSMK
Swasta se-Kota Padang Panjang yang menunjukkan iklim sekolahnya kurang
kondusif sehingga mempengaruhi semangat kerja guru, faktor yang diduga
penyebabnya adalah kurangnya kebebasan yang diberikan kepala sekolah,
kurangnya partisipasi guru serta kurangnya tanggung jawab dari beberapa guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang (1)
Iklim Sekolah, (2) Semangat Kerja Gurudan (3) Hubungan Iklim Sekolah dengan
Semangat Kerja Guru SMK Swasta se-Kota Padang Panjang. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat Hubungan yang Signifikan antara
Iklim Sekolah dengan Semangat Kerja Guru”.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi.Populasi penelitian seluruh
pegawai yang berjumlah 124 orang.Sampel berjumlah 97 orang dengan melihat
tabel krecjie-morgan dengan teknik stratificed random sampling.Instrument
penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Validitas instrument
diperoleh melalui rumus Spearman dan reliabilitas instrument diperoleh melalui
rumus Alpha. Instrument telah dilakukan uji coba terhadap kedua variabel yaitu
Untuk mengetahui valid dan reliable, hasil uji coba menunjukkan valid dan
reliable.Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : Iklim Sekolah SMK
Swasta se-Kota Padang Panjang sudah baik (88,85%) dan Semangat Kerja Guru
SMk Swasta se-Kota Padang Panjang sudah baik (89,44% ). Terdapat hubungan
yang berarti antara Iklim Sekolah dengan Semangat Kerja Guru SMK Swasta seKota Padang Panjang dengan koefisien korelasi r hitung = 0,264> r tabel = 0,195 pada
taraf kepercayaan 95 %. Pada keberartian korelasi juga terdapat hubungan yang
signifikan antara iklim sekolah dengan semangat kerja guru yaitu thitung =
2,66>ttabel=1,658padatarafkepercayaan95%.
Actions (login required)
|
View Item |