Efendi, Ulfah Putri
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Pada Materi Pancasila dan Nilai Kehidupan di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Seiring perkembangan teknologi, media pembelajaran yang digunakan juga semakin canggih dan bervariasi. Media pembelajaran kini tidak hanya sebatas visual gambar dan benda nyata, tetapi juga media pembelajaran yang mampu menampilkan video, audio, gambar, dan materi yang bisa digunakan di smartphone dan laptop. Salah satu inovasi dalam media pembelajaran berbasis teknologi yaitu Smart Apps Creator. Smart Apps Creator adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik yang dilengkapi dengan materi, gambar, video, musik, serta animasi yang dapat menstimulasi peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Apps Creator pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis ), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media serta angket praktikalitas dari respons guru dan respons peserta didik. Sekolah uji coba pada penelitian ini adalah kelas IV SDN
04 Enam Lingkung dengan 28 orang peserta didik. Sedangkan, sekolah penelitian
adalah kelas IV SDN 02 Enam Lingkung dengan 31 orang peserta didik.
Hasil uji validitas media pada media pembelajaran Smart Apps Creator ini memperoleh persentase sebesar 96,66% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas materi sebesar 90,76% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji validitas media sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas di sekolah uji coba memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat praktis untuk angket respons guru dan 94,46% untuk angket respons peserta didik dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas di sekolah penelitian mendapat hasil
96,42% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon guru dan 95,46% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon peseta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Apps Creator pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di kelas IV SD terpadu telah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |